Tips Memulai Ngelola Facebook Page untuk Bisnis


Ngapain kamu bikin Facebook Page? Kalau cuma ikut-ikutan karena yang lain juga pada bikin bukan alasan yang bagus untuk kamu bikin Facebook Page. Bikin 3 bulan yang lalu tapi jumlah fans mentok aja di angka 50 fans dan yang nge-like atau ngasih comment juga hampir langka di setiap postingan kamu. Frustasi dan dan rasa bosan mulai datang. Berikut ini adalah tips untuk pemula gimana caranya ngelola Facebook Page baik untuk yang baru mau mulai atau udah punya Facebook Page tapi ngerasa desperate dan perlu booster. Yuk simak!



Pertanyaan SERIUS: Ngapain Kamu Bikin Facebook Page?

Eh ini pertanyaan serius beneran lho.. Pada akhirnya kamu butuh alasan yang kuat kenapa kamu harus bikin Facebook Page. Kalau cuma karena yang lain banyak yang bikin rasanya kamu harus cari alasan lain ya.. Kamu harus bisa tentukan goal untuk bisnis kamu dari adanya Facebook Page ini. Facebook Page kamu bisa difungsikan untuk berbagai hal (misal: layanan pelanggan, sumber informasi, penjualan), jadi intinya kamu harus bisa posisikan Facebook Page ini dengan strategi keseluruhan dari bisnis kamu.

Pengguna Facebook di Indonesia di tahun 2013 ini sudah ada di angka 60-an juta, dan menurut riset, kebiasaan orang Indonesia dalam menggunakan internet itu 96% nya menggunakan social media dan Facebook adalah yang terbesar penetrasinya. Sekarang tinggal gimana caranya kamu bisa manfaatin kondisi ini untuk bisnis kamu. Yang jelas orang Indonesia udah banyak nih di Facebook.


Rajin Bikin Postingan

Kalau awal-awal bikin biasanya sih ya rajin banget sih ya.. Lalu, setelah 1-2 minggu berlalu kamu mulai males bikin postingan lagi. Dulunya minimal 1 postingan per hari, lalu seminggu sekali, lalu akhirnya nyadar udah beberapa bulan ini kamu udah gak pernah ngurusin lagi. Kalau kamu sendiri udah gak peduli lagi dengan Facebook Page kamu, bisa jadi di mata audience berarti kamu udah gak peduli lagi untuk bangun 'conversation' dengan mereka. 

Makanya, balik lagi ke pertanyaan awal.. Untuk alasan apa kamu bikin Facebook Page? Kalau kamu udah bisa nemuin alasan yang kuat, itu bisa jadi motivasi kamu untuk ngurusin terus karena kamu bisa ngelihat potensinya bisa sangat bermanfaat buat pertumbuhan bisnismu.


Siapin Modal Buat Ngiklan

Ini penting untuk yang lagi mengawali bikin Facebook Page. Untuk dapetin exposure dan reach yang luas, Facebook nyediain fasilitas Ads. Gak kayak ngiklan di media cetak, di Facebook itu agak unik karena kamu bisa pasang budget dari yang kecil (misal 50ribu rupiah) ampe jutaan rupiah per hari. Yang paling menarik, iklan di Facebook itu sifatnya kontekstual, artinya kamu bisa pilih sendiri audience sesuai dengan target market kamu, misal berdasarkan jenis kelamin, usia, lokasi, dan preferensi (interest).


Banyakin Ngobrol dengan Fans (Be Social)

Facebook itu media sosial, so perlakukan ini sebagai media kamu untuk bersosialisasi seperti kamu lagi ngobrol dengan teman. Dengan Facebook Page kamu bisa membangun interaksi langsung dengan customer. Kalau kamu dapat telepon dari customer, kamu pastinya harus jawab setiap pertanyaan dengan baik.

Hal itu berlaku sama juga dengan Facebook Page, jika customer kirim pertanyaan via comment atau inbox, kamu harus kasih respon sehingga hubungan kamu dengan mereka makin erat. Hal ini gak ada bedanya ketika kamu menerima email, kamu jawab mereka. Facebook gak ada bedanya kok.


Integrasiin Dengan Website atau Akun Social Media Lainnya

Facebook Page itu sangat mujarab untuk mempromosikan konten yang ada di website kamu, sepanjang pendekatannya gak kayak spamming ya.. Bayangkan kamu punya tulisan di blog pribadi, terus kamu share link nya di timeline akun Facebook untuk ngasih tau ke temen2 kalau kamu share cerita soal pengalaman liburan ke Vietnam. Gak semua orang yang jadi temen akan mengunjungi blog kamu. Tapi kalau kalau kamu punya akun sosial media lainnya misalnya di Twitter, Pinterest, atau Instagram, kamu bisa lakukan hal serupa untuk datengin traffic ke website kamu sendiri.


Pikirin Gimana Caranya Konten Kamu Bisa Nyebar

Audience menyukai bisnis kamu karena kamu telah menawarkan sesuatu yang mereka anggap bernilai, keren, bisa ngebantu atau menghibur mereka. Kalau situasi mereka sudah sangat suka dengan apa yang kamu punya, peluang mereka untuk menyebarkan ke teman-temannya akan semakin besar. Facebook menyediakan fasilitas sharing ini dengan sangat baik, sehingga kalau audience kita suka dengan konten kita, mereka akan dengan mudahnya membagikan konten kamu ke timelinenya dan ngomongin kalau Page kamu keren banget.

Kamu bisa pikirkan untuk membuat konten yang paling disukai, tidak harus melulu soal produk atau bisnis kamu.. Buatlah suatu konten yang bisa ngebantu mereka, misalkan konten yang berisi informasi bermanfaat atau bersifat hiburan (humor). Kamu bisa cari relasi dari konten tersebut dengan produk yang kamu punya, itu akan sangat baik sehingga awareness audience terhadap produk kamu bisa terbentuk.

Tips diatas mungkin tidak bisa menjawab semua pertanyaan dan kegalauan yang kamu miliki saat ini. Tapi tips ini akan berguna sebagai dasar kamu membuat Facebook Page untuk bisnis kamu. Kalau kamu emang sibuk banget dan belum merasa cukup budget untuk rekrut admin khusus untuk ngurusin Facebook Page, kamu bisa sediakan cukup 1 jam per minggu dan secara bertahap kamu bisa temukan ritme yang tepat.

Punya pendapat lain atau pertanyaan? Just drop me your comment di bawah ini ya...

Oh ya, kamu bisa simak artikel lainnya yang berhubungan dengan tema Facebook Page.

Post a Comment