Outliers & Quote Opa Steve Jobs


Pagi ini tiba-tiba teringat dengan buku Outliers-nya Om Malcolm Gladwell setelah membaca quote dari Opa Steve Jobs berikut ini:

"When you start looking at a problem and it seems really simple, you don’t really understand the complexity of the problem. Then you get into the problem, and you see that it’s really complicated, and you come up with all these convoluted solutions. That’s sort of the middle, and that’s where most people stop…But the really great person will keep on going and find the key, the underlying principle of the problem — and come up with an elegant, really beautiful solution that works." – Steve Jobs

Dalam buku Outliers, kita diajak untuk menginvestigasi kesuksesan para high-achievers. Salah satu hal yang dikupas adalah temuan soal magic number '10.000 jam'. Menurut Gladwell, angka '10.000 jam' inilah yang membentuk Bill Gates & The Beatles ditambah dengan keberuntungan mereka berada pada situasi bisa mendapatkan segala fasilitas & kesempatan dalam mengembangkan kemampuannya pada bidang yg mereka dalami.

Berbeda dengan kondisi normal lainnya disaat ketekunan tidak bertemu dengan keberuntungan akan mengantarkan pada pencapaian yang biasa-biasa saja atau cenderung gagal. Hal itu berlaku juga ketika kita dalam kondisi beruntung bisa memiliki akses terhadap fasilitas & kesempatan tapi kita tidak menekuninya sesuai dengan hukum '10.000 jam'.

Tentunya tidak harus muluk bermimpi menjadi seperti Bill Gates atau The Beatles karena situasi yang melingkupinya, ketekunan, dan akses mereka pada fasilitas & kesempatan memang diluar kondisi normal. Yang jelas, buat saya yang lagi agak malas & merasa gak beruntung, quote dari Opa Steve di atas cukup nendang juga. Makasih Opa...

Post a Comment