Di Indonesia Akan Banyak Orang Kaya Baru Dari Internet


Katanya eh katanya.. Tahun 2019 di Indonesia bakal banyak orang kaya baru dari internet. Ada pandangan menyebutkan 75% dari budget iklan & promosi dari brand owners diprediksi akan teralihkan ke online media. Dari sana kucuran dana akan mengalir kepada para content creators melalui medium Ad Networks yang menghubungkan users-publishers-advertisers.


Tentunya tidak hanya melulu di bidang media, internet juga akan mampu membuka banyak peluang efektifitas komunikasi dalam bertransaksi bisnis. Pertumbuhan eCommerce dengan pola marketplace semakin nyata memberikan peluang baru bagi business principals, distributors, maupun retailers. Mesti masih terhambat masalah fasilitas online payment dan minimnya pengguna kartu kredit, tapi perilaku orang Indonesia tetap kreatif dengan memanfaatkan metode bank transfer & COD.

Tahun 2016 diprediksi pengguna internet di Indonesia akan menembus lebih dari 100 juta pengguna (Tahun 2013 kemarin, menurut beberapa laporan ada 72 juta pengguna internet). Key drivers yang mendorong pertumbuhan ini adalah peran media sosial (termasuk instant messaging) dan perangkat handphone sebagai alat berinternet.

Konten pada platform media sosial akan selalu jadi konsumsi utama orang Indonesia dan mobile internet memberikan kemudahan untuk mengaksesnya. Selain 'search', media sosial pun sedang dan akan terus jadi salah satu traffic sources utama properti media online termasuk eCommerce.

Pengguna internet di Indonesia yang saat ini didominasi anak muda usia 15-24 tahun, akan memberikan guncangan positif bagi dunia intenet dalam 5-10 tahun ke depan. Dalam 5-10 tahun ke depan, para anak muda ini akan memiliki purchase power. Begitupun yang saat ini ada pada segmen usia 25-34 akan mengisi posisi pengguna internet yang 'matang'.

Menghadapi banjir peluang ini, apa yang sedang kamu rencanakan & lakukan saat ini?

Post a Comment