Konsep Dasar Online Marketing


Hai! Makasih banyak sudah berkunjung di blog ini. Pada artikel ini saya akan membahas tentang Fondasi Dasar Online Marketing. Artikel pertama ini adalah pembuka bagi artikel-artikel berikutnya yang akan fokus membahas topik dasar-dasar online marketing. Saya akan pake label #DasarDasarOnlineMarketing bagi artkel-artikel yang terkait dengan topik ini.



Di zaman serba online, instant dan cepat ini, orang-orang ingin bisa mendapatkan informasi serta berinteraksi sosial dengan cepat semudah mengklik mouse yang ada di ujung jari mereka. Orang-orang kini berselancar di dunia maya untuk mencari info produk, jasa, dan berbagai informasi lainnya. Untuk itu, dengan perubahan yang cepat di dunia internet ini, kita perlu mengetahui dasar-dasar tentang online marketing agar kita bisa tetap menjangkau audiens kita di dunia online secara efektif. Bagi yang sudah memiliki fondasi yang kuat di offline, memahami online marketing akan sangat membantu untuk membaurkan perpaduan online-offline secara lebih baik lagi.

Dalam rangkaian topik #KonsepDasarOnlineMarketing ini, saya akan pertama kali membahas bagaimana sebenarnya cara kerja online marketing itu serta mengidentifikasi setiap keping demi keping dari online marketing. Selain itu, saya akan membahas bagaimana merencanakan dan membangun strategi pemasaran secara online, serta menentukan audiens sasaran, dan juga mengukur efektifitas dari program online marketing yang kita jalankan.

Merencanakan dan membangun sebuah situs web adalah hal dasar terpenting untuk keberhasilan strategi pemasaran online. Dari mulai menciptakan peta situs (sitemap), membangun gambar rangka (wireframing), memilih domain & perusahaan hosting. Kita akan menjelajahi langkah yang diperlukan untuk dapat memiliki situs sendiri dan bisa go live diakses oleh audiens sasaran. Dari sana, kita akan membahas elemen kunci untuk mendatangkan pengunjung ke website kita, termasuk membuat konten online yang menarik dalam bentuk artikel, postingan media sosial, siaran pers online, dan juga e-mail newsletter.

Memiliki situs bagus secara visual adalah percuma jika situs tersebut tidak memiliki pengunjung, untuk itu saya akan ajak untuk membahas cara mencapai dan menumbuhkan kunjungan melalui saluran mesin pencari, termasuk Search Engine Optimization (SEO) baik secara organik maupun berbayar. Saya juga akan mengajak bagaimana cara memanfaatkan kekuatan dari media sosial seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn, serta blog sebagai wadah konten yang kita produksi agar audiens kita tetap update dengan bisnis/produk/merek kita. Pada ujungnya kita akan membahas iklan online serta email marketing untuk mendukung pertumbuhan penjualan.

Di setiap akhir artikel, saya akan kasih daftar tautan sub tema tentang #DasarDasarOnlineMarketing. Tapi saya sarankan untuk membacanya sesuai susunan agar bisa memahaminya dengan lebih baik dan runtut.

Oh ya, artikel tentang dasar online marketing ini sebenarnya cocok diperuntukan bagi pemula lho ya.. tapi buat kamu yang sudah bergelut lama di dunia online marketing, ada baiknya juga untuk memahami atau membuka kembali wawasan tentang hal-hal fundamental dari online marketing ini. Tentunya saya juga berharap bisa mendapatkan masukan agar saya bisa menyampaikan tentang tema ini secara lebih baik lagi.

Berikut ini adalah daftar artikel lainnya dengan topik #KonsepDasarOnlineMarketing:
  1. Dasar-Dasar Online Marketing: Pendahuluan
  2. Dasar-Dasar Online Marketing: Apa Itu Online Marketing?
  3. Dasar-Dasar Online Marketing: Cara Kerja
  4. Dasar-Dasar Online Marketing: Komponen-Komponen
  5. Dasar-Dasar Online Marketing: Perencanaan & Strategi
  6. Dasar-Dasar Online Marketing: Menentukan Audiens Sasaran
  7. Dasar-Dasar Online Marketing: Menganalisis Efektifitas Program
  8. Dasar-Dasar Online Marketing: Merencanakan Pembuatan Website
  9. Dasar-Dasar Online Marketing: Mengoptimalkan Website
  10. Dasar-Dasar Online Marketing: Konten
  11. Dasar-Dasar Online Marketing: Mesin Pencarian
  12. Dasar-Dasar Online Marketing: Media Sosial
  13. Dasar-Dasar Online Marketing: Blog
  14. Dasar-Dasar Online Marketing: Beriklan Online
  15. Dasar-Dasar Online Marketing: Email
  16. Dasar-Dasar Online Marketing: Kesimpulan
  17. Dasar-Dasar Online Marketing: Tentang Strategi

Post a Comment