4 Cara Ngakalin Fitur Centang Biru Whatsapp


Bagi beberapa orang fitur centang biru di Whatsapp ini bikin gak nyaman karena kita jadi dituntut untuk merespon setiap pesan masuk karena sang pengirim pesan akan mendapatkan notifikasi ketika kita membuka pesan tersebut di Whatsapp. Bayangkan jika kamu punya bos atau pacar (atau istri) yang posesif yang selalu menuntut respon cepat via Whatsapp. Bisa berabe deh apalagi jika kita sedang harus fokus pada satu pekerjaan utama kita.

Nah, ada 4 cara buat ngakalin hal ini agar notifikasi centang biru tidak muncul di Whatsapp sang pengirim pesan walau kita sudah membaca pesannya. Tips ini bisa digunakan untuk menghindari kesalahfahaman yang mungkin bisa terjadi dalam hubungan interpersonal kita.


"Kamu sudah nyempetin read wa mesej aku, tapi kamu gak bales karena lagi meeting? Apa susahnya reply 'maaf lagi meeting' kek, kan paling cuma 2 detik aja replynya!!"

Berikut ini 4 hal yang bisa kamu lakuin supaya gak kejadian situasi kayak gambar diatas:

#1. Pasang Whatsapp Widget

Buat pengguna Android, tips ini patut dicoba. Cukup letakan Whatsapp widget pada desktop yang masih kosong. Kita bisa scrolling dan melihat-lihat isi pesan dan menghindarkan pesan kita dikasih status 'centang biru'. Tapi ingat, jangan meng-klik pesan tersebut karena itu akan membuka aplikasi Whatsapp dan meneruskan status 'centang biru' pada Whatsapp pengirim pesan.

#2. Cukup intip bar pemberitahuan

Jangan membuka WhatsApp langsung, cukup mengintip dari bar pemberitahuan dan kamu tetep bisa baca pesannya. Tentunya pesan akan terbaca dengan baik jika terdiri dari 1 baris pesan saja. Metode ini bikin kita bisa baca pesan tanpa harus mengirimkan status 'read/centang biru' pada Whatsapp sang pengirim pesan. Saat Anda mengklik pesan, WhatsApp akan membuka dan meneruskan konfirmasi centang biru pada pengirim pesan.

#3. Nonaktifkan fitur 'Last Seen'

Melalui menu 'Setting` > `Account` > `Privacy`. Namun kamu harus ingat, jika fitur 'Last seen' dinonaktifkan, kamu juga tidak akan bisa melihat 'Last seen' dari orang lain.

#4. Aktifkan mode 'Airplane'

Ketika pesan muncul pada bar notifikasi dan kamu pengen baca pesan tersebut tanpa harus memberikan status centang biru, kamu bisa aktifkan modus 'Airplane'. Perlu diingat, jika kamu kembali menonaktifkan modus 'Airplane', berarti kamu kembali mengaktifkan akses internet pada smartphone kamu. Smartphone kamu akan melakukan sinkronisasi data dan status setiap aplikasi termasuk Whatsapp sehingga pesan Whatsapp yang sudah kamu buka ketika mode 'Airplane' akan meneruskan status 'centang biru' pada sang pengirim pesan.

Dikabarkan dalam update terbarunya nanti, Whatsapp akan memberikan tambahan fitur 'on/off' untuk fitur centang biru ini. Sehingga akan memudahkan kita untuk menggunakan centang biru ini atau tidak.

Selamat Menikmati!



Post a Comment