Kantor Yahoo! Indonesia Akan Ditutup?

Yahoo! adalah salah satu perusahaan dotcom multinasional yang membuka kantor resminya pertama kali di Indonesia. Setelah itu menyusul yang lainnya seperti Google, Facebook, dan yang paling baru adalah Twitter. Namun hari ini saya dengar kabar bahwa kantor Yahoo! Indonesia akan ditutup!



Kabar soal Yahoo! Indonesia ini masih gosip karena masih ada dua kabar berseliweran antara pemangkasan karyawan atau penutupan kantor resmi Indonesia. Sampai tulisan ini dibuat, belum ada konfirmasi resmi dari pihak Yahoo!. Yahoo! sendiri di beberapa negara dikabarkan sudah melakukan aksi penutupan kantor, seperti di Hungaria, Yordan, dan terakhir yang cukup mengemparkan adalah penutupan kantornya di India yang terjadi sekitar satu bulan yang lalu.

Kantor Yahoo! India sendiri memiliki peran sebagai Software Development Center dimana ada sekitar 400 karyawan Yahoo! di India yang sebagian besar adalah Engineers. Satu bulan sebelum penutupan kantor Yahoo! India, Yahoo! juga sudah menutup kantornya di Carlsbad, California dan memberhentikan sekitar 59 orang pegawainya dan memindahkan sebagian pegawainya ke kantor Yahoo! di Sunnyvale.

Rupanya kantor Yahoo! di Indonesia, Vietnam, dan Malaysia terkena gosip juga akan ditutup. Kabar yang beredar adalah karena penjualan yang tidak sesuai harapan. Jikapun hal ini benar akan terjadi, ini mungkin dikarenakan Yahoo! secara global harus melakukan rasionalisasi bisnis karena secara kompetisi bisnis Yahoo! banyak tertinggal dari para pesaing utamanya.

Pada kuartal terakhir ini, performa bisnis Yahoo! dinilai tidak bagus berdasarkan nilai laba & pendapatan per saham dan jauh meleset dari perkiraan para analis. Saat ini, pendapatan Yahoo! di Asia ($ 177 juta) memang masih jauh lebih kecil dibanding di Amerika Serikat ($1.04 milyar), sementara $775 juta berasal dari Amerika Utara.

Bagi saya hal ini tidak akan berpengaruh banyak terhadap bisnis berbasis internet secara umum di Indonesia karena ini memang dampak internal bisnis Yahoo! saja. Di sisi lain dalam 2 tahun ini ada beberapa perusahaan dotcom multinasional seperti Google, Facebook, & Twitter mulai membuka kantor resminya di Indonesia yang tentunya mereka memiliki optimisme untuk lebih mempertajam penetrasi monetisasinya di Indonesia.

Indonesia memiliki potensi yang sangat besar di industri Internet. Beberapa tahun terakhir ini penetrasi internet di Indonesia menunjukan trend positif dan banyak riset yang berpendapat bahwa trend ini akan terus positif. Trend positif ini didorong oleh penetrasi mobile internet dan penggunaan media sosial yang masif.

Sumber:


Post a Comment