Apa Itu Online Marketing? | Seri Ke-2 Konsep Dasar Online Marketing

seocommotion.com

Banyak pendapat yang beragam dalam memahami online marketing. Beberapa orang menganggap bahwa online marketing adalah memiliki sebuah website, atau melakukan iklan online, atau melakukan optimasi website agar muncul di halaman pertama Google.

Bagi saya, ada definisi yang lebih tepat dalam memahami online marketing. Online marketing adalah perpaduan antara aspek seni dan ilmiah dalam menangani sebuah properti online  dengan menerapkan suatu strategi tertentu untuk meraih tujuan tertentu. Hal ini dapat mencakup antara desain, visual, development, membangun awareness, komunikasi, koneksi, layanan konsumen, penjualan, dan melakukan analisa/monitoring.

Mari kita bahas setiap elemen tersebut satu persatu.



Pertama adalah soal ‘membangun awareness’. Katakanlah kita punya sebuah produk terbaik & terhebat di dunia yang dibuat dari hasil karyamu sendiri, tapi jika tak seorang pun tahu tentang produk ini, lantas buat apa? Salah satu hal terpenting dari online marketing adalah bagaimana membangun jalan untuk membangun awareness agar produk/merek kita bisa dikenal luas.

Kedua adalah ‘komunikasi’. Komunikasi adalah tentang mendistribusikan informasi kepada audiens sasaran sehingga mereka memiliki pandangan dan tindakan yang dapat berpengaruh positif terhadap produk/merek kita; menyampaikan tentang siapa dirimu, apa yang kamu lakukan, siapa yang kamu layani, dan kenapa kamu begitu penting untuk mereka. Dan tentunya inti dari komunikasi marketing adalah membangun ‘koneksi’ yang kuat dengan audiens sasaran. Komunikasi yang baik akan berujung pada kekuatan koneksi antara produk/merek kita dan audiens sasaran. Disini berarti dimana produk/merek kita sudah dikenal secara luas & dekat, disukai, dan sudah percaya kepada kita.

Ketiga adalah ‘membangun layanan’. Layanan yang saya maksud disini adalah seberapa baik kita dalam memenuhi ekspektasi audiens kita di ranah online. Bagi saya, ‘layanan’ adalah salah satu keping yang penting dari online marketing. Di titik inilah audiens kita dapat menemukan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang mereka miliki, menemukan pengalaman yang memuaskan ketika berbelanja produk di website kita, bahkan dengan secara nyaman dan antusias menjelajah setiap halaman website kamu.

Keempat adalah ‘penjualan’. Kita harus menghasilkan uang, bukan? Semua upaya yang kita lakukan dari mulai membangun awareness, komunikasi, koneksi, membangun layanan adalah tentang upaya mendongkrak angka penjualan. Agar bisnis dari produk yang kita miliki dapat terus tumbuh & berkembang.

Pada tataran praktis nya, online marketing terdiri dari hal-hal seperti penempatan iklan online (ads placement), pemasaran lewat mesin pencari dengan metode Search Engine Marketing (SEM) atau Search Engine Optimization (SEO). Selain itu juga termasuk email marketing, social media marketing, content marketing, menggunakan web analytics, online public relations, mobile marketing, dan optimasi pengalaman pengunjung website kita; biasanya para online marketers membaurkan unsur-unsur teknis ini dalam menjalankan pemasaran online.

Tidak ada cara yang paling tepat dalam menjalankan online marketing, atau lebih tepatnya tidak ada rumus pasti dalam online marketing. Setiap online marketers memiliki caranya masing-masing dalam meraih tujuannya, namun hal yang paling penting untuk kita miliki adalah kekuatan kita dalam merangkai strategi sekaligus menjalankan eksekusinya (konsep & teknis), kemampuan kita dalam mengidentifikasi masalah dan menemukan solusi untuk memperkuat kelemahan, serta pandai menemukan & memanfaatkan peluang-peluang baru.

Dalam online marketing kita dituntut untuk menguasai hal-hal yang bersifat teknis dari sisi digital. Hal ini mutlak harus terus dikuasai dan terus mengikuti setiap perkembangan teknologi internet. Diatas hal teknis tadi, penguasaan kita dalam memahami perilaku konsumen (consumer insights) dalam menggunakan internet juga mutlak harus dimiliki. Hal ini akan sangat berharga dalam menentukan pendekatan-pendekatan teknik pemasaran di media online. Jika kita memiliki 2 kemampuan tersebut dan bisa memadukannya dengan baik, maka itu akan membentuk kita menjadi online marketers yang keren.
Berikut ini adalah daftar artikel lainnya dengan topik #KonsepDasarOnlineMarketing:
  1. Dasar-Dasar Online Marketing: Pendahuluan
  2. Dasar-Dasar Online Marketing: Apa Itu Online Marketing?
  3. Dasar-Dasar Online Marketing: Cara Kerja
  4. Dasar-Dasar Online Marketing: Komponen-Komponen
  5. Dasar-Dasar Online Marketing: Perencanaan & Strategi
  6. Dasar-Dasar Online Marketing: Menentukan Audiens Sasaran
  7. Dasar-Dasar Online Marketing: Menganalisis Efektifitas Program
  8. Dasar-Dasar Online Marketing: Merencanakan Pembuatan Website
  9. Dasar-Dasar Online Marketing: Mengoptimalkan Website
  10. Dasar-Dasar Online Marketing: Konten
  11. Dasar-Dasar Online Marketing: Mesin Pencarian
  12. Dasar-Dasar Online Marketing: Media Sosial
  13. Dasar-Dasar Online Marketing: Blog
  14. Dasar-Dasar Online Marketing: Beriklan Online
  15. Dasar-Dasar Online Marketing: Email
  16. Dasar-Dasar Online Marketing: Kesimpulan
  17. Dasar-Dasar Online Marketing: Tentang Strategi
Post a Comment