Perencanaan & Strategi Online Marketing | Seri Ke-5 Konsep Dasar Online Marketing


Layaknya merencanakan membangun sebuah rumah, hal yang sama juga berlaku ketika ingin membangun sebuah program online marketing. Kita perlu membuat sebuah blue print. Kita perlu membuat sebuah rencana online marketing yang utuh agar kita bisa memastikan bahwa yang dihasilkan dari program online marketing kita memberikan hasil positif sesuai dengan yang diharapkan.



Pastikan kita punya strategi yang jelas terlebih dahulu, baru kemudian berpikir bagaimana mengeksekusinya. Hal ini berlaku baik ketika pada situasi merancang sesuatu yang baru, atau mengoptimasi program online marketing yang telah ada. Ada lima hal utama yang perlu diperhatikan dalam menjalankan perencanaan digital marketing.

Lima hal tersebut diantaranya kredibilitas, kegunaan, visibilitas, daya jual, dan skalabilitas. 'Kredibilitas' terpancar pada setiap properti online melalui konten seperti video, PR, media sosial, atau ulasan pelanggan. Impresi awal selalu yang paling utama dan paling diingat oleh kebanyakan audiens. Membangun kredibilitas atau kepercayaan adalah hal yang mutlak yang harus dimiliki dalam setiap kegiatan online marketing.

'Kegunaan' berarti seberapa banyak manfaat yang dirasakan oleh audiens kita. Setiap properti digital yang dimiliki haruslah mudah digunakan. Kita membutuhkan sesuatu yang relevan dengan kebutuhan audiens kita baik itu dari sisi desain, arsitektur situs, navigasi yang jelas, call-to-actions, email, konten, hingga media sosial.

'Visibilitas' berarti upaya agar setiap pesan inti dari program online marketing kita mendapatkan kuantitas & kualitas impresi sebaik mungkin dari audiens sasaran. ‘Visibilitas’ bisa datang dari iklan online, pencarian organik, media sosial, artikel berita online, atau email. Penentuan saluran apa saja untuk mendukung visibilitas dan bagaimana kita membaurkan semua saluran tersebut sangatlah penting.

'Daya jual' berarti seberapa baik kita bisa menunjukan, memaparkan, dan menjual values dari merek/produk kita. Audiens sasaran tentunya membutuhkan alasan yang kuat kenapa produk/merek kita harus dipilih oleh mereka. Proses penyampaian setiap atribut merek bisa melalui video, testimonial pelanggan, press release, tagline, atau foto. Intinya adalah bagaimana kita mengkomunikasikan & mengedukasi audiens untuk memahami setiap value melalui setiap proses kegiatan online marketing kita. Kita harus memastikan bahwa setiap value ini tersampaikan dengan baik dalam setiap properti digital (situs, akun media sosial, dll) yang kita miliki.

Ketika kita berhasil memadukan kredibilitas, kegunaan, visibilitas, dan daya jual, kita akan secara otomatis dapat menuai manfaat dari skalabilitas. Setiap upaya kegiatan online marketing yang kita jalankan akan menjadi jejak digital yang bertahan sepanjang waktu, dan terus menerus dapat diakses oleh audiens sasaran kita. Ini dapat diartikan sebagai investasi. Meski bentuk investasinya kecil tapi jika terus dilakukan secara konsisten dan terus tumbuh berkembang dalam skala yang terus membesar, hal ini akan menguntungkan bisnis secara keseluruhan kedepannya.

Berikut ini adalah daftar artikel lainnya dengan topik #KonsepDasarOnlineMarketing:
  1. Dasar-Dasar Online Marketing: Pendahuluan
  2. Dasar-Dasar Online Marketing: Apa Itu Online Marketing?
  3. Dasar-Dasar Online Marketing: Cara Kerja
  4. Dasar-Dasar Online Marketing: Komponen-Komponen
  5. Dasar-Dasar Online Marketing: Perencanaan & Strategi
  6. Dasar-Dasar Online Marketing: Menentukan Audiens Sasaran
  7. Dasar-Dasar Online Marketing: Menganalisis Efektifitas Program
  8. Dasar-Dasar Online Marketing: Merencanakan Pembuatan Website
  9. Dasar-Dasar Online Marketing: Mengoptimalkan Website
  10. Dasar-Dasar Online Marketing: Konten
  11. Dasar-Dasar Online Marketing: Mesin Pencarian
  12. Dasar-Dasar Online Marketing: Media Sosial
  13. Dasar-Dasar Online Marketing: Blog
  14. Dasar-Dasar Online Marketing: Beriklan Online
  15. Dasar-Dasar Online Marketing: Email
  16. Dasar-Dasar Online Marketing: Kesimpulan
  17. Dasar-Dasar Online Marketing: Tentang Strategi

Sumber gambar: Primeconcepts.com


Post a Comment